Dhammamitta

Forum kita bersama


    Borobudur loh

    Share
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Borobudur loh

    Post  Willy on Tue Sep 28, 2010 10:45 pm

    Borobudur terletak di pulau Jawa, berjarak 40 km sebelah barat laut kota Yogyakarta, ia merupakan stupa tertua dan juga kompleks stupa terbesar di dunia. Namanya tercatat sebagai pewarisan budaya dunia oleh UNESCO dan dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Borobudur didirikan pada abad ke 8 dan 9, kemungkinan oleh dinasti Syailendra yang kala itu memerintah pulau Jawa, pembangunan proyek tersebut berlangsung selama 75 tahun.

    Konon raja Asoka-India pernah membagi relik (salira) dari Buddha Sakyamuni menjadi 84.000 butir dan menyebarkan serta menguburnya di seluruh pelosok dunia. Demi menyimpan sarira asli dari Buddha Sakyamuni, kerajaan Syailendra telah memobilisasi beberapa puluh ribu orang, barulah menyelesaikan bangunan indah nan megah dan berskala besar tersebut.

    Borobudur berbentuk piramida berundak, terbagi atas 9 lapis lantai, 6 lantai bagian bawah berbentuk platform bujur sangkar, lingkaran terluarnya dipenuhi dengan galeri relief, merupakan gudang pusaka seni pahat yang tersohor di dunia, dengan panjang seluruhnya mencapai 2,5 km, sehingga Borobudur bersama dengan piramida Mesir, Tembok Besar-Tiongkok dan Angkor Wat-kambodja dinamakan sebagai 4 keajaiban kuno dari timur. Ia tersusun oleh 1.600.000 buah batu cadas gunung berapi dan dibangun di atas bukit cadas kerdil dengan 265 m ketinggian dari atas permukaan laut, adalah stupa Buddha tunggal terbesar di dunia. Asal muasal nama “Borobudur” diperkirakan dari bahasa Sansekerta yakni “Vihara Buddha Ur”, yang bermakna “kuil Buddha dari puncak gunung”.


    Sebuah patung Buddha dengan posisi simpul tangan/mudra: Mudra Memutar Roda Hukum / Dharmacakramudra. (wikipedia)

    Pada 1006 dalam sebuah letusan dahsyat gunung berapi, Borobudur terkubur di bawah berlapis-lapis abu gunung berapi, situs kuno agama Buddha yang terkubur dan terlelap dalam tidurnya hingga pada suatu hari di tahun 1814 baru ditemukan kembali dari balik lebatnya hutan belantara tropis. Kala itu Raffles wakil gubernur Inggris untuk Jawa yang sedang menduduki pulau Jawa, mendengar cerita para pemburu dan penduduk tentang sebuah candi besar yang tersembunyi di dalam hutan belantara, maka ia mengutus insinyur WN-Belanda untuk melakukan survey, akhirnya Borobudur melihat kembali sinar sang surya. Pada 1973 melalui bantuan Unesco, yang melancarkan restaurasi berskala besar barulah Borobudur memancarkan wajahnya seperti yang terlihat hari ini.

    Kenapa Borobudur 100 tahun setelah selesai dibangun orang-orang Jawa tidak berkunjung lagi ke tempat tersebut, bahkan telah mencampakkan komplek tersebut, hingga kini masih saja merupakan sebuah misteri.
    avatar
    Erwin
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 147
    Join date : 2010-09-28
    Age : 25
    Location : Inside Your Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Erwin on Tue Sep 28, 2010 11:23 pm

    first blood diamankan .. he .. he .. mantab sih , sayang pas g kesana gk bisa naik ke atas .. gara2 sampai sana udah sore .. huff ..
    avatar
    rudiny
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 100
    Join date : 2010-09-28
    Location : dimana2 hatiku senang...

    Re: Borobudur loh

    Post  rudiny on Tue Sep 28, 2010 11:26 pm

    PPD ke borobudur aj d...

    g lom pegang budhany ne di dalam candi itu...

    Rolling Eyes Rolling Eyes Rolling Eyes
    avatar
    Lisa
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 114
    Join date : 2010-09-28
    Age : 27
    Location : Japan

    Re: Borobudur loh

    Post  Lisa on Tue Sep 28, 2010 11:30 pm

    aq da loh RUd.. hahhaahaa
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Willy on Tue Sep 28, 2010 11:34 pm

    tangan loe pendek si rud..wkwkwk

    lisa mah hoki"an..wkwkw
    avatar
    rudiny
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 100
    Join date : 2010-09-28
    Location : dimana2 hatiku senang...

    Re: Borobudur loh

    Post  rudiny on Tue Sep 28, 2010 11:34 pm

    Lisa wrote:aq da loh RUd.. hahhaahaa

    yg udah suruh masak didapur aj... wakkakakakka...

    avatar
    Erwin
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 147
    Join date : 2010-09-28
    Age : 25
    Location : Inside Your Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Erwin on Tue Sep 28, 2010 11:55 pm

    jd pgn kesana lagi .. tp klu ppd kesana bisa bangkrut kmb n'tar .. he .. he ..
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 12:27 am

    woooiiii nh bner" nyimpang dri yg gw post taw..ckckck
    avatar
    Erwin
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 147
    Join date : 2010-09-28
    Age : 25
    Location : Inside Your Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Erwin on Wed Sep 29, 2010 12:37 am

    yg penting masih berbau borobudur will , he .. he ..
    avatar
    Roy Steven
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 129
    Join date : 2010-09-29
    Location : neraka

    Re: Borobudur loh

    Post  Roy Steven on Wed Sep 29, 2010 2:31 am

    udah lengser dari 7 keajaiban dunia..
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 9:05 am

    wjwkwkkw... lengser si serah orang lah yah....

    menurut gw si borbudur masi bagus lah yah..ud lama aj masi tetep kokok kuat gtu..wkkww
    avatar
    Erwin
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 147
    Join date : 2010-09-28
    Age : 25
    Location : Inside Your Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Erwin on Wed Sep 29, 2010 9:07 am

    Willy wrote:wjwkwkkw... lengser si serah orang lah yah....

    menurut gw si borbudur masi bagus lah yah..ud lama aj masi tetep kokok kuat gtu..wkkww
    borobudur aslinya sih dah hancur wil , cm direkonstruksi ulang oleh unesco , tp malah pernah di bom ma orang indonesia sendiri ..
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 9:16 am

    tuh yg bomin....orangnya kasian bnget...bru pertama liat bangunan dari batu..di kira batu karang..wwkwkw lol!
    avatar
    Erwin
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 147
    Join date : 2010-09-28
    Age : 25
    Location : Inside Your Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Erwin on Sun Oct 03, 2010 12:48 am

    tuh orang sih gobloknya gk kira2 wil , udah di bangun ma unesco / orang luar malah di ancurin ma org indo n'diri , emosi g klu liat org model gitu , gk punya otak kali ..
    avatar
    Ricky Kim
    Gue Sangat Burik
    Gue Sangat Burik

    Posts : 65
    Join date : 2010-09-29
    Age : 28
    Location : South Korea

    Re: Borobudur loh

    Post  Ricky Kim on Sun Oct 03, 2010 1:01 pm

    eh, maren kan g org ada ikut acara yg ratu boko gto, nah kita bisa hubungi dia org kali, minta kerja sama ma mrk, jadi ntar mana tao bisa lbh murah, n kalo emank k borobudur, ga usah kaya dlu yg ampe 4 hari 3 malem, cukup 3 hari 2 malem lah.... jadi pengeluaran ga banyak, n makanan kita kasi yg murah2 ( perbanyak sayur2an ) trus peserta kita batasin ajah, 40 org misalnya, jadi pengeluaran ga byk... kalao peserta kebanyakan c ga efektif ntar, ribet... gto loh...
    ^^ kalau mao k borobudur yah, I think its great travel utk yg berbau buddhist... >.<
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Willy on Sun Oct 03, 2010 2:33 pm

    Erwin wrote:tuh orang sih gobloknya gk kira2 wil , udah di bangun ma unesco / orang luar malah di ancurin ma org indo n'diri , emosi g klu liat org model gitu , gk punya otak kali ..

    tuh bukan goblok lagi....otakny kecil setengah dari seperempat pula...tak bisa mikir...otakny stuck gaje...
    tololny..astaga....ckckc Mad
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Borobudur loh

    Post  Willy on Sun Oct 03, 2010 2:36 pm

    Ricky Kim wrote:eh, maren kan g org ada ikut acara yg ratu boko gto, nah kita bisa hubungi dia org kali, minta kerja sama ma mrk, jadi ntar mana tao bisa lbh murah, n kalo emank k borobudur, ga usah kaya dlu yg ampe 4 hari 3 malem, cukup 3 hari 2 malem lah.... jadi pengeluaran ga banyak, n makanan kita kasi yg murah2 ( perbanyak sayur2an ) trus peserta kita batasin ajah, 40 org misalnya, jadi pengeluaran ga byk... kalao peserta kebanyakan c ga efektif ntar, ribet... gto loh...
    ^^ kalau mao k borobudur yah, I think its great travel utk yg berbau buddhist... >.<

    pas taon lalu aja... 4 hari 3 malem bnyak yg acarany lenggang loh...lbh bgus di padatin...cuma klo terlalu padat mereka berasa di kekang...kya maren pada diem aja kan,, sekalian santai"...
    bnyak sayuran jadi sehat loh...wkwkkw

    Long time no see borobudur..
    avatar
    Roy Steven
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 129
    Join date : 2010-09-29
    Location : neraka

    Re: Borobudur loh

    Post  Roy Steven on Sun Oct 03, 2010 3:53 pm

    Ricky Kim wrote:eh, maren kan g org ada ikut acara yg ratu boko gto, nah kita bisa hubungi dia org kali, minta kerja sama ma mrk, jadi ntar mana tao bisa lbh murah, n kalo emank k borobudur, ga usah kaya dlu yg ampe 4 hari 3 malem, cukup 3 hari 2 malem lah.... jadi pengeluaran ga banyak, n makanan kita kasi yg murah2 ( perbanyak sayur2an ) trus peserta kita batasin ajah, 40 org misalnya, jadi pengeluaran ga byk... kalao peserta kebanyakan c ga efektif ntar, ribet... gto loh...
    ^^ kalau mao k borobudur yah, I think its great travel utk yg berbau buddhist... >.<

    maju teros.. wkakwakka
    avatar
    Fanfan
    Gue Sangat Burik
    Gue Sangat Burik

    Posts : 53
    Join date : 2010-09-29
    Age : 25
    Location : Ga Jelas

    Re: Borobudur loh

    Post  Fanfan on Sun Oct 03, 2010 6:51 pm

    rudiny wrote:
    Lisa wrote:aq da loh RUd.. hahhaahaa

    yg udah suruh masak didapur aj... wakkakakakka...


    g juga uda pegang buddha na..wkakakak
    mank klo pegang buddha na knapa sih?
    avatar
    Fanfan
    Gue Sangat Burik
    Gue Sangat Burik

    Posts : 53
    Join date : 2010-09-29
    Age : 25
    Location : Ga Jelas

    Re: Borobudur loh

    Post  Fanfan on Sun Oct 03, 2010 6:56 pm

    Ricky Kim wrote:eh, maren kan g org ada ikut acara yg ratu boko gto, nah kita bisa hubungi dia org kali, minta kerja sama ma mrk, jadi ntar mana tao bisa lbh murah, n kalo emank k borobudur, ga usah kaya dlu yg ampe 4 hari 3 malem, cukup 3 hari 2 malem lah.... jadi pengeluaran ga banyak, n makanan kita kasi yg murah2 ( perbanyak sayur2an ) trus peserta kita batasin ajah, 40 org misalnya, jadi pengeluaran ga byk... kalao peserta kebanyakan c ga efektif ntar, ribet... gto loh...
    ^^ kalau mao k borobudur yah, I think its great travel utk yg berbau buddhist... >.<

    hmmmmm,, peserta di batasin 40 org doank? klo misal yg daftar bisa ampe 60an atau lebih, gimana? siapa tau mreka dgr KMB mau ke borobudur dgn hrga yg lumayan, jadi yg punya minat ikt pergi jg byk,, tapi g ga yakin juga sih bisa nympe 40 org apa ga..
    tapi bener, klo emg mau ke borobudur, g ga nolak,, great travel pkok na... lol!
    avatar
    rudiny
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 100
    Join date : 2010-09-28
    Location : dimana2 hatiku senang...

    Re: Borobudur loh

    Post  rudiny on Tue Oct 05, 2010 12:48 am

    Ricky Kim wrote:eh, maren kan g org ada ikut acara yg ratu boko gto, nah kita bisa hubungi dia org kali, minta kerja sama ma mrk, jadi ntar mana tao bisa lbh murah, n kalo emank k borobudur, ga usah kaya dlu yg ampe 4 hari 3 malem, cukup 3 hari 2 malem lah.... jadi pengeluaran ga banyak, n makanan kita kasi yg murah2 ( perbanyak sayur2an ) trus peserta kita batasin ajah, 40 org misalnya, jadi pengeluaran ga byk... kalao peserta kebanyakan c ga efektif ntar, ribet... gto loh...
    ^^ kalau mao k borobudur yah, I think its great travel utk yg berbau buddhist... >.<

    harus ngmgn langsung am saudarany dolo... biar dikash murah ntar... wakkakakaka...
    avatar
    rudiny
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 100
    Join date : 2010-09-28
    Location : dimana2 hatiku senang...

    Re: Borobudur loh

    Post  rudiny on Tue Oct 05, 2010 12:50 am

    Fanfan wrote:
    rudiny wrote:
    Lisa wrote:aq da loh RUd.. hahhaahaa

    yg udah suruh masak didapur aj... wakkakakakka...


    g juga uda pegang buddha na..wkakakak
    mank klo pegang buddha na knapa sih?

    g sirik, lom pernah pegang...
    makany yg ud pegang ngurus dapur aj... wkakakkakaa... Evil or Very Mad Evil or Very Mad Evil or Very Mad
    avatar
    thomz
    Gue Sangat Burik
    Gue Sangat Burik

    Posts : 15
    Join date : 2010-10-01
    Age : 26
    Location : Jakarta

    Re: Borobudur loh

    Post  thomz on Tue Oct 05, 2010 1:02 am

    Gw mau pegang patung Buddha nya tapi gk nympe2x...
    avatar
    Roy Steven
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 129
    Join date : 2010-09-29
    Location : neraka

    Re: Borobudur loh

    Post  Roy Steven on Tue Oct 05, 2010 1:03 am

    rudiny wrote:
    Fanfan wrote:
    rudiny wrote:
    Lisa wrote:aq da loh RUd.. hahhaahaa
    yg udah suruh masak didapur aj... wakkakakakka...
    g juga uda pegang buddha na..wkakakak
    mank klo pegang buddha na knapa sih?
    g sirik, lom pernah pegang...
    makany yg ud pegang ngurus dapur aj... wkakakkakaa... Evil or Very Mad Evil or Very Mad Evil or Very Mad
    tangan lu pendek, ntar ud susa2 ke sono ngak kepegang gmn?
    avatar
    rudiny
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 100
    Join date : 2010-09-28
    Location : dimana2 hatiku senang...

    Re: Borobudur loh

    Post  rudiny on Tue Oct 05, 2010 1:22 am

    Roy Steven wrote:
    rudiny wrote:
    Fanfan wrote:
    rudiny wrote:
    Lisa wrote:aq da loh RUd.. hahhaahaa
    yg udah suruh masak didapur aj... wakkakakakka...
    g juga uda pegang buddha na..wkakakak
    mank klo pegang buddha na knapa sih?
    g sirik, lom pernah pegang...
    makany yg ud pegang ngurus dapur aj... wkakakkakaa... Evil or Very Mad Evil or Very Mad Evil or Very Mad
    tangan lu pendek, ntar ud susa2 ke sono ngak kepegang gmn?

    lom dicoba, ampe ga kepegang g tinju2 u ditempat... wkakakakaka...

    Sponsored content

    Re: Borobudur loh

    Post  Sponsored content


      Current date/time is Tue Dec 12, 2017 3:38 am