Dhammamitta

Forum kita bersama


    Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Share
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 9:31 am

    Kalo ngebuktiin, berarti kita kudu lahir di surga dulu, trus tunggu aja sampe berkalpa2, mati gak kita nantinya di sana. Haha...

    Tapi, secara... sabbe sankhara anicca, semua yang terbentuk tidak kekal. Yang terbentuk ini mencakup segala sesuatunya, termasuk bentuk2 pikiran, bentuk2 perasaan, bentuk2 jasmani, dll. Konsekuensinya, refleksi dari bentuk2 ini pun juga tidak kekal, kesenangan, kesedihan, kenikmatan, kesakitan, dsb. semuanya tidak kekal, pasti berubah.

    Untuk hal ini, pasti bisa dibuktikan bukan? Pernahkan kita merasa nikmat? Tentu pernah! Tapi apakah itu terus kita alami tanpa henti? Tentu tidak! Mungkinkah kenimkatan itu tidak pernah berhenti? Tidak mungkin! Kenikmatan makan hanya ketika kita makan, bukan ketika kita lapar, bukan juga ketika kita buang air besar.

    Pernahkah kita merasa sedih? Pernah! Apakah kesedihan itu tidak berubah dari waktu ke waktu? Tidak! Kadang hilang, kadang malah makin sedih (misalnya).

    Demikian juga, apa sebenarnya yang kita harapkan dengan hidup di surga? Apakah kenikmatan, kesenangan, kebahagiaan duniawi? Jika itu yang kita harapkan dari surga... maka sudah pasti keadaan surga itu tidak kekal. Pada masanya nanti, suatu kenikmatan, kesenangan, kebahagiaan duniawi itu akan berakhir. Kenikmatan/kesenangan hanya muncul ketika kita bertemu dengan obyek2 kenikmatan/kesenangan. Ketika saatnya kita terpisah dengannya, baik secara tidak sengaja atau sengaja (mungkin karena bosan), maka bersiaplah, sebentar lagi perubahan pasti akan segera terjadi.

    Di sisi lain, sebenernya kita juga ga perlu tunggu lahir dan mati di surga untuk membuktikan langsung. Tapi kita kudu punya mata dewa dulu (makanya rajin2 meditasi...!). Ada orang2 tertentu yang memang dikatakan terlahir dari surga. Maksudnya, kehidupan dia sebelumnya adalah di surga.

    Bahkan bukan cuma manusia, suatu ketika saya pernah bertemu seekor anjing (pudel berwarna coklat) di suatu vihara, yang kebetulan dipotret oleh teman saya. Hasil cetakan fotonya menunjukkan bahwa ada cahaya/aura bundar di sekeliling anjing itu. Konon, kabarnya, anjing itu di kehidupan sebelumnya adalah seorang dewa (hidup di surga). Nah, kalo kita punya mata dewa, mungkin kita berkesempatan menelusuri jejak kehidupan makhluk2 lain.

    Ada lagi cerita, di suatu tempat pemancingan di daerah Bekasi. Ada ikan mas yang besar dan indah sekali. Ikan mas istimewa ini jarang nongol ke permukaan, jadi jarang orang melihatnya. Tapi, sejak ada ikan mas ini, orang yang mancing di sana ga pernah dapet ikan.

    Waaa... maka dipanggillah paranormal.... Ternyata paranormal itu melihat bahwa ada "jin", yang sebenernya bukan sekedar jin, tapi dewa air. Badannya mempunyai sisik seperti ikan, mengkilat keemasan indah sekali. "Jin" ini yang mencegah ikan2 itu kena pancing, katanya. Maka ditangkaplah "jin" itu dan dimasukkan dalam botol, trus dibuang jauh2. Tapi, memang dasarnya dia itu dewa, dengan mudah dia keluar lagi dari botol dan balik lagi ke kolam pancing itu.

    Nah, akhirnya yang jadi pertanyaan adalah, kenapa dewa tsb. kok tidak mau pergi dari situ? Lhaa... setelah cari2 tau... ternyata si dewa ini datang bersama dengan ikan emas istimewa tadi. Dan ternyata si ikan mas ini, pada kehidupan sebelumnya adalah istri dari dewa air itu. Setelah mengetahui itu, ya akhirnya ikan mas tadi ditangkap dan dilepas di sungai. Dan keadaan kembali seperti semula.

    Yah... itu sekedar cerita. Buddha Gotama guru junjungan kita sendiri, diceritakan terlahir dari surga (kehidupan sebelumnya di surga Tusita, sebagai dewa bernama Setaketu).
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 9:31 am

    Namo buddhaya,

    Kalau pembuktian itu tidak mudah, kalau tahu caranya ya tentu bisa, seperti misalnya 2000 tahun yang lalu kita ceritakan bahwa orang bisa bicara langsung dengan orang lain yang jauhnya lebih dari 100 kilometer hahahah , tentu kita dibilang orang gila. ( kalau sekarang tinggal angkat hp saja, bahkan bisa langsung lihat visualnya ).

    Saya sendiri belum pernah melihat surga, tapi saya banyak baca buku buddhist tentang orang yang dapat melihat surga, bahkan pulang pergi ke surga. Katanya dengan medhitasi, tapi saya sering medhitasi dan belum pernah melihat surga. Mungkin saya buta. Jadi kalau orang buta nyanyi bintang kecil begini...

    Bintang kecil... katanya katanya
    Dilangit yang tinggi ... katanya katanya.
    Amat banyak..... katanya katanya
    Menghias angkasa... katanya katanya
    Aku ingin terbang dan menari, jauh tinggi di tempat kau berada.

    hahaha itu lagu bintang kecil yang dinyanyikan orang buta.. Yang isinya katanya katanya.

    Tapi saya PERCAYA dan YAKIN, bahwa surga itu ada, dan banyak orang yang sudah MELIHAT dan tinggal di surga, DAN SURGA JUGA TIDAK KEKAL.

    Mengapa ?, Karena LOGIKA nya (agama buddha bukan dibangung dengan hanya Logika), orang yang masuk surga harus punya perbuatan baik yang dilakukan oleh pikiran, perkataan dan tindakan. (mungkin agama lain juga mengatakan begini), tapi kwalitas dan banyaknya orang berbuat baik juga berbeda beda... makanya kamma baik itu juga ada jangka waktunya.
    Makanya bagi saya secara LOGIKA surga itu ada dan surga itu ada batas waktunya (ANICCA). Berbeda dengan agama lain yang mengatakan bahwa JIKA KAMU TERIMA SAYA KAMU MASUK SURGA (selama lamanya), KARENA SAYA ADALAH SATU SATUNYA PENYELAMAT....

    Kedua baca baik baik,

    Karena SADDHA, keyakinan kita pada agama Buddha yang telah kita bangun dari belajar tentang agama buddha akan kita pegang erat erat sampai pantai seberang (mencapai kesucian)

    Jadi kalau sang Thatagatha bilang surga itu ada, surga itu tidak kekal, saya PERCAYA bahwa surga itu ada dan surga itu tidak kekal. KEPERCAYAAN TIDAK PERLU PEMBUKTIAN LAGI. Kalau orang tidak pecaya selalu minta bukti.

    Makanya SAYA PERCAYA :

    1. Sang Baghava Telah Mencapai Penerangan Sempurna, Sempurna Pengetahuan serta tindak tanduk Nya, Sempurna menempuh Sang Jalan (ke Nibbhana), Pengenal Segenap Alam, Pembimbing Manusia yang Tiada Taranya, Guru para dewa dan manusia, Yang Sadar (bangun) Yang patut Dimuliakan.

    2. Dhamma ajaran sang Buddha yang telah dibabarkan dengan sempurna memiliki sifat : Berada sangat dekat (kehidupan seharian), tak lapuk oleh waktu (Akaliko bukan anicca), mengundang untuk dibuktikan, menuntun ke dalam batin, dapat diselami oleh para Bijaksana dalam batin masing masing.

    3. Sangha siswa sang Bhagava telah bertindak baik, lurus, benar, patut. Mereka empat pasang mahluk, terdiri dari delapan jenis mahluk suci, Patut menerima pemberian, tempat bernaung, persembahan serta penghormatan. Lapangan untuk menanamkan jasa yang tiada taranya di alam semesta.

    Kalau KEYAKINAN ini sudah tidak ada. kita kehilangan HARTA TERMULIA.

    Tanpa keyakinan kita adalah miskin, dan orang miskin adalah orang yang hidup tanpa keyakinan. Keyakinan pada Buddhasasana adalah harta termulia.
    Seperti dikatakan Sang Buddha pada tahun ke 16 beliau mengajar Dhamma, di kota Alavi kepada Yakkha Alavaka yang menteror kota Alavi, Tipitaka (SN.I-10)

    Banyak pertanyaan Yakkha Alavaka pada saat itu, antara lain adalah “ Apakah harta termulia bagi seorang manusia dalam dunia ini ?”, dan jawaban Sang Tathagata sebagai berikut “ KEYAKINAN merupakan HARTA TERMULIA bagi mausia dalam dunia ini “
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 9:33 am

    munculnya surga (salah satunya) adalah keinginan kita terhadap sesuatu yg kekal...abadi...yg menjadi harapan dan mimpi kita setelah kita mati...

    padahal kita harus memahami arti dari :
    1. Sabba Sankhara Anicca (ketidakkekalan atau perubahan)
    2. Sabbe Sankhara Dukkha (tidak memuaskan atau penderitaan)
    3. Sabbe Dharma Anatta (tidak ada jiwa yang abadi)

    jika demikian (3 hal di atas)...bagaimana mungkin...surga sbg konsep bisa abadi...apalagi surga sebagai tempat bisa abadi...sedangkan surga sebagai keadaan aja tidak abadi...???

    Sebenarnya kita menginginkan surga yg seperti apa...?
    masih kah keinginan itu muncul...?
    siapa kah diri kita yg sebenarnya menginginkan surga...?
    masih kah ada "diri kita" dalam pikiran ini ...?
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 9:35 am

    karena pertanyaannya sbb :
    " Mengapa surga dalam ajaran buddha tidak kekal "
    " Bagaimana membuktikannya? "

    sy coba menjawab...dg metode logika ya...secara sederhana aja...

    Jika surga itu kekal...maka seharusnya ada jiwa / roh / apapun namanya...yg kekal mendiami / menempati surga yg kekal tsb...ya kan ?

    ga mungkin tempat yg kekal akan didiami oleh sesuatu yg tidak kekal...(konsep surga sbg tempat)

    nah...dalam Ajaran Budha tidak dikenal jiwa / roh yg kekal...jadi ga mungkin ada tempat yg kekal juga kan...(konsep ruang, waktu, dan pribadi)...

    mungkin di ajaran / agama lain mengenal surga yg abadi/kekal...karena mereka mengenal adanya roh/jiwa yg kekal...

    mengenai benar dan salah nya ... saya kira tidak tepat untuk dibahas (di sini)...semua kembali ke kebijaksanaan kita sendiri...
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 9:35 am

    kalo ada surga yg kekal...maka tidak berlaku hukum karma dan punabhava...
    karena akan ada kontradiksi ...

    makanya...dalam ajaran yg mengajarkan surga itu ada dan kekal...tidak mengenal hukum kelahiran kembali dan karma...

    Pernah ada yg bertanya, mengapa Tuhan itu sedemikian misterius, sedemikian maha kuasa, dst. Katanya jawabnya adalah karena Tuhan itu berada di luar sistem dunia kita. Namun, ada yang memberikan bantahan, bahwa jika Tuhan itu berada di luar sistem dunia kita, maka tidak ada artinya Tuhan bagi kita, karena segala permasalahan kita adanya ya di sistem dunia kita ini.

    Demikian pula jika surga itu dianggap gaib, non fisik, di luar dunia ini, di luar alam semesta ini, atau kebahagiaan surga itu tidak sama dengan kebahagiaan duniawi, dan tidak ada hubungan dengan alam semesta ini, maka tidak ada artinya surga bagi kita.

    Namun, jika kebahagiaan/kesenangan surga yang kita harapkan adalah seperti kebahagiaan/kesenangan yang kita rasakan di dunia ini (hanya kadarnya mungkin lebih), maka sifatnya pun pasti akan sama dengan kebahagiaan/kesenangan duniawi, tidak kekal, berubah, dan akan berakhir.

    Begitulah, banyak orang telah gagal melihat bahwa kehidupan surga itu sebenarnya sama saja dengan kehidupan duniawi, hanya kadar kesenangannya saja yang jauh lebih banyak daripada kadar kesusahannya.

    Begitu maksud saya.
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 9:36 am

    Dari kita sudah ada belum yang pernah ke Surga ?, Kenapa kita PERCAYA bahwa surga itu ada ? Katanya kita tidak boleh percaya begitu saja

    apakah Agama Buddha cuma kepercayaan yang membuta ?

    Padahal sang Buddha pernah berkata :

    " Janganlah percaya begitu saja kepada berita yang disampaikan kepadamu, atau karena sesuatu sudah merupakan tradisi atau sesuatu yang didesas-desuskan. Janganlah percaya begitu saja kepada sesuatu yang katanya sudah diramalkan dalam buku-buku suci; juga kepada sesuatu yang katanya sesuai dengan logika atau kesimpulan belaka; juga kepada sesuatu yang katanya telah direnungkan dengan seksama; juga karena sesuatu yang kelihatannya cocok dengan pandanganmu; atau karena kamu ingin menghormat seorang pertapa yang menjadi gurumu......"

    Mengapa kita harus percaya bahwa surga itu ada ?

    Bingung kan ? emang kalau baca sutta itu engga boleh setengah setengah hahahah baca semuanya baru mengerti dengan jelas.

    Banyak orang bacain sutta cuma setengah untuk satu kepentingan, jadi pengertiannya bisa lain coba jika diselesaikan suttanya pengertiannya jadi berbeda.

    Tetapi, warga suku Kalama, kalau setelah kamu selidiki sendiri kamu mengetahui bahwa 'hal ini tidak berguna, hal ini tercela, hal ini tidak dibenarkan oleh para Bijaksana, hal ini kalau terus dilakukan akan mengakibatkan kerugian dan penderitaan', maka sudah selayaknya kamu menolak hal-hal tersebut di atas.

    Tetapi, kalau, setelah kamu selidiki sendiri kamu mengetahui bahwa 'hal ini berguna, hal ini tidak tercela, hal ini dibenarkan oleh para Bijaksana, hal ini kalau terus dilakukan, akan membawa keberuntungan dan kebahagiaan', maka sudah selayaknya kamu menerima dan hidup sesuai dengan hal-hal tersebut di atas.

    Selanjutnya, Sang Buddha mengatakan bahwa siswa-siswa-Nya harus meneliti dengan baik ajaran Sang Tathagata, sehingga mereka benar-benar YAKIN bahwa ajaran Sang Buddha itu benar adanya.

    jelas KEYAKINAN ini yang mendasari ajaran buddha.
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 9:39 am

    Keyakinan dalam agama Buddha disebut Saddha, yang diperoleh dari belajar. SADDHA yaitu KEPERCAYAAN yang timbul karena MELIHAT dengan jelas.

    Jika saya katakan bahwa saya menggenggam 5 gr emas, Ada orang yang percaya, dan ada yang tidak percaya jika saya menggenggam 5 gr emas. Saddha adalah setelah melihat emas 5 gr dalam genggaman saya itu. Jadi mengalami sendiri dengan melihat 5 gr emas tersebut yang kita sebut Saddha.

    Makanya sifat dhamma (keyakinan pada dhamma) ada yang disebut Ehi-passiko yang mengandung arti MENGUNDANG UNTUK DIBUKTIKAN. ( datang dan melihat - BUKAN datang dan percaya sepert pada agama lain).

    Memiliki dua pengertian.

    Pertama untuk orang yang telah mencapai kesucian dikatakan DHAMMA CAKKHU ( mata dhamma) tanpa debu, tanpa noda dan telah bangkit, Telah melihat kesunyataan, telah memperolah kesunyataan, telah mengenal kesunyataan, dan telah menembus kesunyataan, TELAH MENGATASI KERAGU RAGUAN.

    Semua orang yang telah mencapai kesucian baik Sottapana, Sakkadagami, Anagami, Arahat maga dan phala TELAH MELIHAT dengan jelas. (Jadi jelas memiliki SADDHA).

    Bagaimana dengan kita ?
    Mengapa kita harus percaya jika menjalankan 5 Sila akan bahagia ? bisa terlahir di surga, bahkan mencapai nibbhana ? (Seperti yang kita bacakan tiap minggu di depan banthe)

    Mengapa kita percaya hukum Kamma ? Lihat kelahiran kembali saja belum pernah, lihat surga suga tidak pernah. Kok bisa YAKIN pada buddhasasana.

    Untuk apa berdana ? Banyak kok orang kikir yang kaya raya, kenapa kita harus berdana ? Apa yang mendasari kita harus berdana ?

    Setelah mencapai KESADARAN AGUNG, sang Buddha berkatan : " Mata telah lahir, pengertian telah lahir, kebijaksanaan telah lahir, pengetahuan telah lahir, cahaya telah lahir " ( Anguttara Nikaya I : 8 )

    SADDHA yang berarti KEYAKINAN karena MELIHAT bagi kita disini disebabkan oleh (telah lahir) PENGERTIAN yang dibangun dari belajar (telah lahir) PENGETAHUAN sehingga menjadi (telah lahir) KEBIJAKSANAAN.

    Maka sekali lagi saya katakan SADDHA / KEYAKINAN dalam agama buddha yang timbul dari belajar sehingga bisa melihat dengan jelas. KEYAKINAN ini yang menjadi modal kita untuk berbuat baik, menjalankan sila, berdana, dan meditasi dll.

    Makanya dalam sifat Dhamma (keyakinan pada dhamma) mengatakan bahwa dhamma " Menuntun kedalam batin, dapat diselami oleh para Bijaksana dalam batin masing masing "

    KEYAKINAN yang menggerakan orang. Jika saya korupsi 1 Miliyar dan saya yakin tidak ketahuan, lalu saya berfikir bahwa 1 Miliyar itu bisa membuat saya sangat bahagia, maka saya pasti korupsi 1 Miliyar, karena saya yakin saya tidak ketahuan !. KEYAKIANAN itu yang mendasari orang berbuat baik atau jahat.

    KEYAKINAN itu yang mendasari orang MEMPRAKTEKAN DHAMMA.

    KEMBANGKAN KEYAKINAN pada buddhasasana. Jika kita benar pada keyakian terhadap buddhasasana maka ke-akuan sedikit demi sedikit akan terkikis.

    Kalau sudah tidak ada Aku lagi ya artinya sudah mencapai Nibbhana, dan tidak perlu dhamma lagi.
    avatar
    Pendi
    Gue Sangat Burik
    Gue Sangat Burik

    Posts : 71
    Join date : 2010-09-28
    Age : 27

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Pendi on Wed Sep 29, 2010 10:31 am

    will... u gila ya... klo kek gini gmn mw baca nya... mabok doloan... hahahahaha...
    avatar
    Erwin
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 147
    Join date : 2010-09-28
    Age : 25
    Location : Inside Your Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Erwin on Wed Sep 29, 2010 10:47 am

    g ajah blm baca dah mabok duluan liatnya .. he .. he ..
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Wed Sep 29, 2010 7:33 pm

    mantap punya tuh...dari forum fb loh..kwkkw
    avatar
    Erwin
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 147
    Join date : 2010-09-28
    Age : 25
    Location : Inside Your Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Erwin on Thu Sep 30, 2010 8:15 pm

    setelah g baca sedikit memang bagus sih artikel nya , terutama untuk mengingatkan kita bahwa semua itu annica , oleh karena itu sayangi lah orang dan apapun disekitarmu karena tak selamanya kita akan melihatnya ..
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Thu Sep 30, 2010 8:30 pm

    yoi...
    wkkwk.... pikiran semua orang lbh dlam loh..gw smpe kaget bacany...ternyata ad yg lbh maju pikiran nya..ckckc
    avatar
    Erwin
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 147
    Join date : 2010-09-28
    Age : 25
    Location : Inside Your Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Erwin on Thu Sep 30, 2010 8:50 pm

    Willy wrote:yoi...
    wkkwk.... pikiran semua orang lbh dlam loh..gw smpe kaget bacany...ternyata ad yg lbh maju pikiran nya..ckckc

    susah nebak pikiran orang .. da kapok g .. mendingan liat cara orang lain berperilaku ajah klu cocok , ikutin , klu gk cocok tinggalin ajah .. ha .. ha ..
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Thu Sep 30, 2010 8:57 pm

    Erwin Cuputra wrote:
    Willy wrote:yoi...
    wkkwk.... pikiran semua orang lbh dlam loh..gw smpe kaget bacany...ternyata ad yg lbh maju pikiran nya..ckckc

    susah nebak pikiran orang .. da kapok g .. mendingan liat cara orang lain berperilaku ajah klu cocok , ikutin , klu gk cocok tinggalin ajah .. ha .. ha ..

    wkwkw..gw mesti bljar biar gw bisa taw pikiran orang..wkwkw
    meditasi dhe..wkwkw
    avatar
    Erwin
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 147
    Join date : 2010-09-28
    Age : 25
    Location : Inside Your Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Erwin on Sat Oct 02, 2010 11:52 pm

    coba ajah pelajari perilaku yang di sekitar lu dlu , misalnya orangtua lu .. pelajari apa yg mereka senang dan tidak senang .. selanjutnya terserah .. mau buat senang pa kagak .. ha .. ha ..
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Sat Oct 02, 2010 11:54 pm

    Erwin Cuputra wrote:coba ajah pelajari perilaku yang di sekitar lu dlu , misalnya orangtua lu .. pelajari apa yg mereka senang dan tidak senang .. selanjutnya terserah .. mau buat senang pa kagak .. ha .. ha ..

    ud bisa lah yah gw liat muka ama gerakan bdan..isi pikiran orang tuh..wwkw
    avatar
    Roy Steven
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 129
    Join date : 2010-09-29
    Location : neraka

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Roy Steven on Sun Oct 03, 2010 12:42 am

    Erwin Cuputra wrote:coba ajah pelajari perilaku yang di sekitar lu dlu , misalnya orangtua lu .. pelajari apa yg mereka senang dan tidak senang .. selanjutnya terserah .. mau buat senang pa kagak .. ha .. ha ..

    ah liat dari orang tua.. liat bayi bandingkan ama diri lu.. uda berkembang blon lu dari bayi..
    avatar
    Roy Steven
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 129
    Join date : 2010-09-29
    Location : neraka

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Roy Steven on Sun Oct 03, 2010 12:44 am

    Willy wrote:
    Erwin Cuputra wrote:coba ajah pelajari perilaku yang di sekitar lu dlu , misalnya orangtua lu .. pelajari apa yg mereka senang dan tidak senang .. selanjutnya terserah .. mau buat senang pa kagak .. ha .. ha ..

    ud bisa lah yah gw liat muka ama gerakan bdan..isi pikiran orang tuh..wwkw

    hipnotis lah ya.. wkakwka
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Sun Oct 03, 2010 12:48 am

    Roy Steven wrote:
    Willy wrote:
    Erwin Cuputra wrote:coba ajah pelajari perilaku yang di sekitar lu dlu , misalnya orangtua lu .. pelajari apa yg mereka senang dan tidak senang .. selanjutnya terserah .. mau buat senang pa kagak .. ha .. ha ..

    ud bisa lah yah gw liat muka ama gerakan bdan..isi pikiran orang tuh..wwkw

    hipnotis lah ya.. wkakwka

    MANTAP.... hipnotis dvid suru jadi jamban..wkwkw
    avatar
    Erwin
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 147
    Join date : 2010-09-28
    Age : 25
    Location : Inside Your Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Erwin on Sun Oct 03, 2010 12:56 am

    ha .. ha .. n'tar semua di hipnotis .. " ganteng " .. ha .. ha ..
    avatar
    Fanfan
    Gue Sangat Burik
    Gue Sangat Burik

    Posts : 53
    Join date : 2010-09-29
    Age : 25
    Location : Ga Jelas

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Fanfan on Sun Oct 03, 2010 8:04 pm

    mabok g baca na,, panjang bgt.. tapi bagus juga.. nice
    avatar
    Ace
    Gue Sangat Burik
    Gue Sangat Burik

    Posts : 15
    Join date : 2010-10-04
    Age : 27
    Location : sebelah rumah tetangga

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Ace on Mon Oct 04, 2010 11:07 pm

    nice inpo ..
    keep posting gan study
    avatar
    rudiny
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 100
    Join date : 2010-09-28
    Location : dimana2 hatiku senang...

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  rudiny on Tue Oct 05, 2010 1:04 am

    Willy wrote:
    Erwin Cuputra wrote:
    Willy wrote:yoi...
    wkkwk.... pikiran semua orang lbh dlam loh..gw smpe kaget bacany...ternyata ad yg lbh maju pikiran nya..ckckc

    susah nebak pikiran orang .. da kapok g .. mendingan liat cara orang lain berperilaku ajah klu cocok , ikutin , klu gk cocok tinggalin ajah .. ha .. ha ..

    wkwkw..gw mesti bljar biar gw bisa taw pikiran orang..wkwkw
    meditasi dhe..wkwkw

    tengil, LUCU2...
    avatar
    Willy
    Gue Burik
    Gue Burik

    Posts : 170
    Join date : 2010-09-28
    Age : 26
    Location : Hills of Black Hearts

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Willy on Tue Oct 05, 2010 11:14 pm

    rudiny wrote:
    Willy wrote:
    Erwin Cuputra wrote:
    Willy wrote:yoi...
    wkkwk.... pikiran semua orang lbh dlam loh..gw smpe kaget bacany...ternyata ad yg lbh maju pikiran nya..ckckc

    susah nebak pikiran orang .. da kapok g .. mendingan liat cara orang lain berperilaku ajah klu cocok , ikutin , klu gk cocok tinggalin ajah .. ha .. ha ..

    wkwkw..gw mesti bljar biar gw bisa taw pikiran orang..wkwkw
    meditasi dhe..wkwkw

    tengil, LUCU2...


    suka suka gw...BANGKE..wkwkkw:P:P

    Sponsored content

    Re: Dari FB tentang surga di mata agama Buddha

    Post  Sponsored content


      Current date/time is Fri Oct 20, 2017 5:30 pm